4 Film Ini Raih Penghargaan Terbanyak di Sundance Film Festival, Adakah Favoritmu?

Sundance FIlm Festival
ADMIN
THURSDAY 16.09.2021

CODA sabet penghargaan terbanyak di Sundance 2021

Untuk pertama kalinya di Asia, salah satu festival film bergengsi di dunia, Sundance Film Festival, akan segera hadir. Kali ini, Sundance akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia, pada 23-26 September 2021 mendatang. 

Pada Sundance Film Festival 2021, beberapa film meraih penghargaan. Bahkan, ada sejumlah film yang berhasil menyabet lebih dari satu kategori penghargaan. Berikut adalah film yang paling banyak meraih penghargaan di Sundance Film Festival 2021. Adakah film favoritmu? Check this out!

1. CODA
image
CODA (Dok. Apple TV+)

Perlu kamu ketahui nih, film CODA berhasil memenangkan penghargaan terbanyak di Sundance Film Festival 2021. CODA berhasil merail empat penghargaan, yakni Grand Jury Prize, Directing Award, Audience Award, dan Special Jury Award for Best Ensamble Cast

Film yang disutradarai Sian Heder tersebut menceritakan seorang siswi SMA yang mencari jati dirinya dan membuatnya harus berpisah dengan keluarganya. Film yang bergenre drama komedi ini telah dibeli Apple sebesar US$25 juta atau setara Rp356 miliar.

2. Hive
image
Hive (Dok. Ikone Studio)

Film dokumenter karya Blerta Basholli, Hive, memenangkan tiga penghargaan, yakni World Cinema Dramatic Competition: Directing Awards, Audience Awards, dan Grand Jury Prize. Film ini merupakan debut Blerta Basholli sebagai sutradara sekaligus penulis.

Film Hive diangkat dari kisah nyata dengan menceritakan seorang perempuan yang kehilangan suaminya. Semua pria di desa yang ia tempati akhirnya dibunuh dan hilang pada saat perang di Kosovo. 

3. Writing with Fire
image
Writing with Fire (Dok. Music Box Films)

Dua penghargaan diraih oleh film Wring with Fire di ajang Sundance Film Festival. Penghargaan yang diperoleh, yaitu Audience Award dan World Cinema Documentary: Special Jury Award.

Seperti diketahui, film dokumenter besutan Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh tersebut berkisah cara perempuan Dalit (kasta terendah di India yang haram untuk disentuh) membuat sebuah surat kabar. Saat itu, kelompok perempuan Dalit menjalankan surat kabar yang dikuasai oleh pria. 

4. Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised)
image
Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised) (Dok. Hulu)

Film Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised) juga berhasil memenangkan dua penghargaan pada ajang Sundance Festival, yakni U.S Documentary: Documentary Audience Prize dan Grand Jury Prize. Film besutan sutradara Questlove ini merupakan film dokumenter Festival Budaya Harlem pada 1969.

Festival budaya tersebut merayakan musik dan budaya Afrika-Amerika yang ingin membangkitkan kembali kekuatan rakyat Afrika-Amerika. Questlove memberikan perspektif historis dengan memperlihatkan sebuah acara yang kurang dihargai. Namun, yang membuat menarik dari film ini ialah acara tersebut mampu mengembalikan budaya kulit hitam yang terlupakan.

Itulah empat film yang paling banyak meraih penghargaan di Sundance Film Festival 2021. Film tersebut bisa masuk watchlist kamu lho, serta bisa mengisi waktu senggang. Kira-kira nih, dari keempat film itu mana yang akan kamu tonton duluan?

Dikutip dari IDN Times/Rafifa Nur Shabira

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *