Bangga Banget! 6 Film Indonesia Ini Tayang di Sundance Film Festival

base-ent.com
ADMIN
TUESDAY 07.09.2021

Dari film The Raid hingga Perempuan Tanah Jahanam!

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para sineas, kalau film mereka bisa ditayangkan di sebuah event festival film internasional. Itu artinya, film mereka punya kualitas yang gak diragukan lagi. Festival film memang rutin digelar di setiap tahunnya. Salah satunya Sundance Film Festival merupakan festival film independen di Amerika Serikat yang paling bergengsi di dunia. 

Dilansir dari laman resminya, Sundance Film Festival sudah berdiri sejak 1958. Festival ini terkenal dengan proses screening filmnya yang sangat ketat. Ternyata, beberapa film Indonesia pernah ditayangkan di Sundance Film Festival, lho. Ingin tahu ada film apa aja? Yuk, intip sekarang juga!

1. The Raid: Redemption (2011)
image
YouTube/Sony Pictures Classic

The Raid: Redemption merupakan film Indonesia yang sukses di kancah internasional. Film yang ditulis dan disutradarai oleh Gareth Evans ini tayang di bioskop pada 2012. Film ini sudah tayang di beberapa festival film bergengsi, salah satunya Sundance Film Festival.

Film ini dibintangi oleh aktor ternama Indonesia, yaitu Iko Uwais, Yayan Ruhian, Joe Taslim,  Donny Alamsyah, dan masih banyak lagi. Bercerita tentang sekelompok polisi yang melakukan penggerebekan di apartemen kumuh di Jakarta untuk menangkap penguasa kejahatan dan bandar narkoba. Namun, pertarungan mereka tidak berjalan lancar dan mereka harus menghadapi pertempuran yang mematikan.

2. What They Don’t Talk About When They Talk About Love (2013)
image
YouTube/Movieclips Indie

Film What They Don’t Talk About When They Talk About Love tayang perdana di Sundance Film Festival pada tahun 2013. Selain itu, film ini juga tayang dan mendapatkan beberapa penghargaan di tingkat Internasional, seperti di Festival Film Internasional Rotterdam, Festival Film Internasional Busan, dan masih banyak lagi.

Film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini bercerita mengenai kehidupan cinta remaja penyandang disabilitas yang tidak biasa.  Menceritakan kisah dua orang sahabat yang mengalami kekurangan penglihatan. 

3. The Raid 2: Berandal (2014)
image
YouTube/Movieclips Trailers

The Raid 2: Berandal merupakan sekuel dari The Raid: Redemption. Film ini tayang perdana di Sundance Film Festival pada 2014. Pada film ini, pemeran utama masih diperankan oleh Iko Uwais. Namun kali ini, sosok Tio Pakusadewo, Oka Antara, Arifin Putra, dan Julie Estelle juga punya peran penting di setiap adegannya.

Pada sekuelnya, film ini bercerita mengenai Rama yang ditugaskan untuk menyamar menjadi penjahat dan menyusup ke penjara. Ia bertujuan ingin membongkar informasi rahasia untuk menghancurkan sindikat polisi korup dan membalas dendam atas kematian kakaknya.

4. Killers (2014)
image
YouTube/Movieclips Indie

Killers bercerita tentang Nomura (Kazuki Kitamura), seorang eksekutif muda Jepang yang sukses tetapi memiliki hobi membunuh dan menyebarkan video pembunuhannya melalui media sosial. Kemudian ada Bayu (Oka Antara), seorang jurnalis yang karirnya sedang hancur karena ingin mengungkap kasus korupsi seorang politikus.

Film yang disutradarai oleh Mo Brothers dan diproduseri Gareth Evans ini merupakan film hasil kerja sama antara Jepang dan Indonesia. Film yang bergenre psychological thriller ini tayang di Sundance Film Festival pada tahun 2014.

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)
image
YouTube/BASE Indonesia

Perempuan Tanah Jahanam adalah film bergenre horor yang telah memborong 9 Piala Citra tahun 2020. Film karya Joko Anwar ini juga sukses tayang di beberapa festival di dunia, salah satunya di Sundance Film Festival pada 2019.

Film ini bercerita tentang Maya (Tara Basro) yang sebelumnya tinggal di kota, tetapi harus kembali ke kampung asalnya untuk mencari warisan bersama Dini (Marissa Anita). Sesampainya di kampung mereka tidak mendapat harta yang dimaksud, melainkan menemukan banyak kejanggalan di kampung tersebut.

6. Tak Ada yang Gila di Kota Ini (2019)
image
YouTube/Rekata Studio

Film Tak Ada yang Gila di Kota Ini telah memenangkan Piala Citra 2020 dalam kategori Film Cerita Pendek Terbaik. Selain itu, film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini juga masuk dalam beberapa festival film internasional, salah satunya Sundance.

Film ini bercerita tentang Marwan (Oka Antara), petugas hotel yang ditugaskan menjaring orang gila di sebuah kota di Pulau Jawa dan membuangnya ke hutan supaya tidak mengganggu turis yang sedang berlibur. Namun ternyata Marwan memiliki rencana lain dan memanfaatkan orang gila tersebut. 

Nah, itulah enam film Indonesia yang lolos screening dan pernah ditayangkan di Sundance Film Festival. Kalau kamu pernah nonton film yang mana nih?

Dikutip dari IDN Times/Rafifa Nur Shabira

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *