Inilah 5 Fakta Unik Sundance Film Festival yang Jarang Diketahui

Sundance Film Festival (Dok. IDN Times)
ADMIN
FRIDAY 10.09.2021

Ramai banget sampai karyawan Sundance bisa jalan kaki belasan km

Di bawah naungan Sundance Institute, Sundance Film Festival telah eksis selama 36 tahun. Namun cikal bakal festival film berasal dari Sundance, Utah, AS pada 1978 dan telah merambah ke Hong Kong dan London.

Selain itu, festival film ini memperoleh animo tinggi dari kreator film dan menjadi salah satu festival film paling bergengsi. Nah, buat kamu para film enthusiast, pasti udah gak sabar kan ingin tahun fakta-fakta unik dan menarik tentang menarik tentang Sundance Film Festival. Check this out!

1. Sundance Film Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 1985
image
The Monstertruck Drive-In in Houston (Dok.Sundance Institute/Iman Mannie)

Sebagai sebuah festival film, awalnya penyelenggara tidak ingin menamainya Sundance. Baru setelah 1990, festival yang awalnya disebut United State Film Festival berubah nama menjadi Sundance Film Festival. Event ini sudah ada sejak 36 tahun lalu dan bermula dari tiga tempat, yaitu Park City, Salt Lake City, dan Sundance, Utah, AS.

Festival film ini tidak dibentuk oleh aktor Hollywood, Robert Redford, namun oleh Sterling Van Wagenen dan John Earle. Pada 1985, Robert melalui Sundance Institute mengambil alih festival film ini.

2. Termasuk dalam jajaran festival film independen terbesar
image
Foto Sundance Institute (Dok. Sundance Institute)

Kebebasan memasukkan karya ke festival ini membuat animo kreator film meningkat. Popularitas Sundance Film Festival membuatnya sebagai festival film independen terbesar di Amerika Serikat. Mengutip All The Room, setidaknya setiap peserta memiliki kesempatan satu persen untuk karyanya bisa bersaing dengan 13.000 pendaftar lainnya.

Sundance Film Festival tidak hanya berfokus pada film, tetapi juga memberi ruang bagi programer musik dan inovator bentuk media baru. Sundance menerima pendaftar dari 143 negara sehingga menunjukkan tingkat kompetitif festival ini.

3. Ruang mendapat kesepakatan distribusi yang tinggi
image
Ilustrasi produksi film (facebook.com/Sundance Film Festival)

Kreator film independen bakal bangga banget kalau filmnya berhasil tembus hingga tampil di Sundance Film Festival. Persentase sebuah film mendapat kesepakatan distribusi bisa mencapai 80 persen. Oleh karena itu, bisa disebut hampir semua film yang masuk ke festival ini bisa laris mendapat distributor.

Dilansir dari Mental Floss, peneliti dari Go Watch It menemukan kalau empat dari lima film bisa terjual di festival ini. Kondisi ini juga didukung berkat digitalisasi dan banyaknya akses penonton untuk menyaksikan karya-karya yang ada.

4. Karyawan Sundance Film Festival bisa berjalan kaki hingga 8 miles (12,8 km) setiap hari saat festival berlangsung
image
Ilustrasi perempuan jalan kaki di jalan raya (unsplash.com/Guilherme Stecanella)

Bayangkan kalau kamu bekerja untuk Sundance Film Festival. Harus jalan kaki sejauh 12 km. Ternyata hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang macet saat festival ini sedang berlangsung. Oleh karena itu, cara tercepat untuk mengantarkan barang atau berpindah tempat tentu dengan jalan kaki.

5. The Birth of a Nation menjadi film dengan penjualan termahal yang pernah terjadi di Sundance Film Festival

Bahagia banget dong, kalau sebuah film bisa tembus pendapatan US$17.5 juta atau sekitar Rp249,77 miliar? Itu yang dialami Nate Parker pada Sundance Film Festival 2016. Film yang bercerita tentang pemberontakan budak ini dibeli oleh Fox Searchlight. Prestasi ini yang belum terpatahkan lho!

Oleh karena itu, setiap sosok di balik karya yang berhasil menembus Sundance Film Festival akan berpotensi menjadi bintang. Sundance juga menjadi bukti kalau film dengan anggaran kecil juga bisa bersaing, contohnya film Robert Rodriguez, El Mariachi. Film Robert ini berhasil menang Audience Award dengan modal US$7 ribu atau sekitar Rp99,9 juta.

Menarik ya fakta-fakta unik tentang Sundance Film Festival ini. Apakah kamu tertarik untuk mengumpulkan karyamu ke festival ini? Jangan lupa, event Sundance Film Festival: Asia bakal digelar di Jakarta, Indonesia hasil kerja sama IDN Media dan XRM Media pada 23-26 September 2021 mendatang.

Dikutip dari IDN Times/Gregorius Amadeo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *