Salah Satu Sutradara Keren Indonesia, Ini 9 Film Seru Garapan Joko Anwar

ADMIN
TUESDAY 07.09.2021

Pokoknya wajib tonton semua film Joko Anwar

Berbagai genre film menarik sudah banyak digarap Joko Anwar. Film-film karya pria yang tumbuh bersama film-film kungfu dan horor ini pun bisa berhasil hingga diapresiasi luar negeri. Ia pun dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik Indonesia.

Mulai menulis dan menyutradarai pertunjukan drama sejak SMP, Joko Anwar kini aktif di dunia perfilman. Bukan hanya terkenal karena genre film horornya, film-film karya Joko Anwar ini juga wajib kamu tonton lho.

1. Janji Joni
image
Source: Twitter.com/WathmenID

Sesuai dengan judulnya, Janji Joni berkisah tentang seorang pria bernama Joni (Nicholas Saputra) yang berjanji untuk menepati keinginan seorang wanita. Bermacam hambatan pun Joni temui saat akan memenuhi hal itu. 

Film bergenre adventure romantic comedy ini ternyata film yang membuka karier Joko Anwar di dunia perfilman. Ia dinilai Nia Dinata mempunyai bakat setelah mengirimkan 20 halaman skenario Janji Joni.

2. Kala
image
Source: Mubi.com

Filmnya Joko Anwar yang dibintangi Fachry Albar, Shanty, Ario Bayu, dan Fahrani ini berkisah tentang kekacauan setelah munculnya undang-undang baru untuk kedamaian di suatu negara. 

Dua orang polisi bernama Eros (Ario Bayu) dan Hendro Waluyo (August Melasz) yang menginvestigasi sebuah kasus mengawali plot film yang bergenre fantasy thriller ini. 

3. Pintu Terlarang
image
Source: Kincir.com

Pintu Terlarang diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara. Film ini bercerita tentang seorang pematung bernama Gambir (Fachri Albar) yang memiliki kehidupan beruntung karena punya segalanya berkat kariernya. Namun, kemudian ia mendapat cobaan setelah memperoleh pesan minta tolong dari seseorang. 

4. Modus Anomali
image
Source: Antara.com

Bergenre horror-thriller, Modus Anomali sempat meraih penghargaan di luar negeri. Film ini memulai cerita dengan beberapa ritual aneh. Melambangkan kesialan, Modus Anomali mengisahkan pria lupa ingatan (Rio Dewanto) yang tengah kebingungan di hutan.

Joko Anwar menggunakan bahasa Inggris  dan latar film di luar negeri untuk Modus Anomali. Berdasarkan ulasan, apa yang terjadi cerita film ini konon tak mudah ditebak.

5. A Copy of My Mind
image
Source: Cultura.id

Joko Anwar mempertemukan Sari (Tara Basro) sebagai pegawai salon dan Alex (Chicco Jerikho) sebagai penerjemah film bajakan dalam film A Copy of My Mind.  Berlatar situasi pemilihan presiden, film ini berani dan lantang mengisahkan isu-isu pembajakan dan politik di Indonesia.

Cerita film bergenre drama ini diawali dengan pertemuan Sari yang mengeluhkan kesalahan teks DVD bajakan yang diterjemahkan Alex. Kisah cinta keduanya pun berlanjut, tetapi mereka harus menghadapi suatu persoalan.

6. Pengabdi Setan
image
Source: blog.reservasi.com

Pengabdi Setan bercerita tentang Rini (Tara Basro) yang harus menerima kenyataan bahwa Ibunya mengabdi untuk setan agar bisa mendapat keturunan. Berbagai kejadian aneh pun muncul setelah Ibu meninggal dunia. 

Pengabdi Setan merupakan film remake dengan judul sama, yang dirilis pada 1980. Sempat menggemparkan penonton, Pengabdi Setan pun dinobatkan sebagai film terseram pada 2017.

7. Folklore – A Mother’s Love
image
Source: Popculture.id

Folklore – A Mother’s Love mengisahkan seorang ibu (Marissa Anita) dan anak satu-satunya yang tak sengaja menemukan anak-anak yang tidak terurus di sebuah loteng rumah. Namun siapa sangka, dari hal itu malah menyeret keduanya ke dalam masalah dengan makhluk penculik anak, Wewe Gombel. 

Terinspirasi dari salah satu mitos mistis Indonesia, Folklore merupakan proyek serial antologi Joko Anwar dengan HBO Asia. 

8. Perempuan Tanah Jahanam
image
Source: Ussfeed.com

Perempuan Tanah Jahanam bercerita tentang sepasang sahabat, Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita), yang mengunjungi rumah keluarga Maya di kampung. Saat menginap di sana, maya mendengar suara lirihan perempuan melahirkan. Setelah kejadian tersebut, keduanya mengalami banyak misteri di kampung itu.

Bergenre horror thriller, Perempuan Tanah Jahanam sukses meraih penghargaan bahkan hingga ke luar negeri.  Termasuk salah satunya tayang di Sundance Film Festival. 

9. Gundala

Dengan mengangkat kisah komik superhero di Indonesia, Gundala menjadi pembuka rangkaian cerita Bumilangit Universe. Gundala bercerita tentang Sancaka kecil yang hidup sendiri setelah ditinggal ibu dan bapaknya sehingga ia harus melindungi dirinya sendiri. Kebiasaan ini berkembang hingga dirinya besar dan mendapat kekuatan petir. 

Nah, itu tadi deretan film Joko Anwar yang wajib kamu tonton. Selain dari daftar ini, masih banyak film Joko Anwar lainnya di luar daftar ini kok. Jadi, kamu mau mulai tonton yang mana?

Dikutip dari IDN Times/Gregorius Amandeo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *