Tayang di Sundance, Ini 5 Fakta Menarik Film Dokumenter Users

Cuplikan film Users (Dok. Sundance Film Festival)
ADMIN
WEDNESDAY 29.09.2021

Menceritakan pendidikan anak yang diambil alih teknologi

Salah satu film dokumenter yang bisa kamu saksikan dalam Sundance Film Festival: Asia 2021 adalah Users. Film dokumenter karya Natalia Almada ini mengangkat isu tentang mendidik anak.

Film ini berangkat dari keluh kesahnya saat mendidik kedua anaknya sambil bersanding dengan teknologi. Penasaran dengan film Users? Berikut 5 fakta terkait film dokumenter tersebut.

1. Bahas peran teknologi yang mengambil alih tugas mendidik anak
image
Cuplikan film Users (Dok. Sundance Film Festival)

Sutradara Users, Natalia Almada, merupakan seorang ibu dua anak. Ia mengangkat isu ini dari pengalamannya sebagai orang tua. Film ini mengangkat fokus keberadaan teknologi yang semakin sempurna untuk melengkapi sosok orang tua yang tidak sempurna.

Users juga menekankan konsekuensi keberadaan teknologi dalam proses mendidik anak. Kedua anak Natalia yang turut dilibatkan dalam proyek ini dijadikan proyeksi, terutama saat anaknya mengakses tontonan daring dan bermain video games.

2. Gambarkan keluh kesah sang sutradara mendidik anak
image
Potret Natalia Almada (Dok. Ambulante Documentary Festival/Delia Martinez)

Natalia Almada menyajikan film ini dengan nuansa distopia terhadap teknologi. Pada awal film, Natalia mempermasalahkan pertanyaan retorikal tentang bagaimana perannya sebagai orang tua bagi anak-anaknya. Natalia menekankan persoalan keputusan yang diambil orang tua saat mendidik anak-anak mereka.

“Saya punya dua anak, jadi saya menghadapi pertanyaan duniawi tentang teknologi ini: Apakah saya mengirim anak saya ke tempat penitipan anak yang menggunakan layar, atau ke salah satu sekolah luar ruangan semacam Waldorfy? Saya tertarik untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan itu secara filosofis dan berpikir, ‘Apakah yang terjadi pada anak-anak saya, tergantung pada pilihan yang saya buat?'” kata Natalia dalam narasi di film ini.

3. Natalia libatkan keluarganya untuk berpartisipasi dalam pembuatan film
image
Film Users (Dok. Sundance Film Festival)

Natalia Almada mengajak suaminya, Dave Cerf, dalam proyek dokumenter ini. Dave bertugas untuk mengatur audio dan musik bersama Kronos Quartet. Tidak hanya suaminya, Natalia juga melibatkan saudara iparnya, Bennett Cerf. Bennett bertugas menjadi kameramen di film ini.

Bahkan, anak-anak Natalia juga dilibatkan sebagai ilustrasi isu yang diangkat dalam film ini. Natalia menggunakan telepromter agar bisa menangkap gambar saat anaknya bermain video games dan menonton.

4. Raih penghargaan sutradara terbaik di Sundance Film Festival
image
Sundance Film Festival

Sosok Natalia Almada memang sudah tidak asing dengan proyek dokumenter. Setidaknya, sudah ada tujuh film dokumenter yang pernah dibuatnya. Tidak hanya dokumenter, perempuan kelahiran Mexico City ini juga pernah membuat film drama Everything Else.

Perjuangan Natalia bersama film Users membuahkan prestasi bagi perjalanan kariernya. Bersama film Users, perempuan 47 tahun ini berhasil mendapat penghargaan best director di Sundance Film Festival 2021.

5. Bisa disaksikan di Sundance Film Festival: Asia 2021
image
Sundance Film Festival

Penasaran dengan film dokumenter ini? Kamu bisa menyaksikannya di situs Sundance Film Festival: Asia 2021. Film ini bisa kamu sewa dengan harga Rp30 ribu. Permasalahan yang dialami Natalia juga relatable dan dirasakan orang tua di Indonesia. Oleh karena itu, cocok sekali disaksikan untuk memahami peran teknologi dalam mendidik anak.

Itu dia fakta-fakta di balik film dokumenter Users. Langsung tonton film ini di Sundance Film Festival: Asia 2021.

Dikutip dari IDN Times/Gregorius Amadeo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *